Apa Itu Kapabilitas Bisnis?

Oleh

DITERBITKAN 10:29 am Sel Agustus 2021

Mengapa kita perlu mengetahui definisi kapabilitas bisnis? Karena ada banyak kebingungan tentang kata “kapabilitas bisnis” atau hanya kata “Kapabilitas ” atau “Kemampuan” bahkan di kalangan praktisi disiplin arsitektur bisnis.

Sebelum kita menyelidiki apa definisi “Kapabilitas Bisnis” atau “Kemampuan Bisnis” seperti yang kita gunakan dalam konteks Arsitektur Bisnis dan Pemodelan Kemampuan Bisnis, mari kita lihat kamus apa yang mendefinisikan istilah, “Kapabilitas” itu sendiri.

Definisi Kapabilitas : Mendefinisikan kata “Kapabilitas ” dalam penggunaan umum

Dictionary.com mendefinisikan kata “Kapabilitas ” sebagai berikut:

Kapabilitas : 

1: yang  kualitas  dari  yang  mampu ; kapasitas; Kapabilitas :  kapabilitasnya   itu  perlu dipertanyakan.

2: Biasanya kapabilitas diartikan sebagai; Kualitas,  kemampuan,  fitur,  dll  yang  dapat  dilakukan  digunakan  atau  dikembangkan; Potensi.

Merriam-Webster mendefinisikan kata “Kemampuan” sebagai berikut:

Kemampuan: 

1 :  kualitas atau keadaan mampu

2 :  fitur atau fakultas yang mampu berkembang

3 :  fasilitas atau potensi untuk penggunaan atau penyebaran yang ditunjukkan

Definisi Kapabilitas Bisnis:

Jadi, apa itu Kapabilitas Bisnis? Mari kita definisikan Kapabilitas di bidang Arsitektur Bisnis.

Kapabilitas bisnis, komponen kunci dari arsitektur bisnis, adalah ekspresi dari apa yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh bisnis. Kapabilitas bisnis menunjukkan “Apa” yang dapat dilakukan bisnis, sedangkan proses bisnis menguraikan bagaimana aktivitas bisnis tertentu dilakukan.

Pada tingkat elemental, kapabilitas bisnis adalah enkapsulasi dari fungsionalitas dasar yang diekspresikan secara abstrak.

Kebingungan tentang definisi Kapabilitas Bisnis:

Terlepas dari beberapa penjelasan dan deskripsi yang meyakinkan tentang apa itu kapabilitas bisnis, dalam ranah perusahaan, ada banyak kebingungan. Apakah “Faktur” merupakan kemampuan, atau proses, atau aktivitas?

Selanjutnya, konsep CMM (Capability Maturity Model) berkaitan dengan proses, belum tentu termasuk kedalam kapabilitas. Jelas, seseorang dapat menggunakan prinsip model maturitas kapabilitas – lima tingkat maturitas – dan kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan penilaian kapabilitas bisnis.

Ketika seorang CEO berkata, “Perusahaan kami memiliki kapabilitas untuk mengeksekusi dengan baik.” Atau jika dia berkata, “Perusahaan kami memiliki kapabilitas inovasi yang luar biasa,” apakah itu berarti kata tersebut dalam arti kapabilitas bisnis tradisional atau apakah itu sesuatu yang lain?

Ketika seseorang berkata, “Anda harus membangun kapabilitas kepemimpinan Anda,” apakah mereka mengartikannya sebagai “kemampuan” atau “kompetensi”?

Perbedaan antara Kapabilitas , Proses, Aliran Nilai, Aktivitas:

Itu memunculkan pertanyaan besar? Bagaimana kapabilitas berbeda dari proses , atau aktivitas, atau metode atau sistem? Mari kita pergi dengan konsep faktur, yang umum di sebagian besar jenis bisnis.

Kapabilitas : Misalnya, “Manajemen Faktur” adalah kapabilitas;

Proses: “Menghasilkan Faktur” adalah sebuah proses

Aktivitas: “Faktur Surat” adalah aktivitas

Aliran Nilai: “Faktur ke Tanda Terima” adalah aliran nilai

Sistem/Aplikasi : “ABCD Invoicing Software” adalah sistem yang digunakan untuk mewujudkan kapabilitas Invoice Management.

Layanan SOA atau Layanan Mikro : Layanan “Faktur” dapat berupa layanan SOA atau Layanan Mikro (yang hampir sama dengan sistem/aplikasi, tetapi sebagai konsep paradigma arsitektur generasi baru.)

Apakah Kapabilitas adalah Kata Benda, atau Kata Kerja, atau sesuatu yang lain?

Meskipun ada banyak diskusi dan perdebatan tentang apakah kapabilitas adalah kata benda atau kata kerja atau kata benda-kata kerja atau gerund, kami di WaktuJakarta.com adalah pragmatis dan bukan puritan. Oleh karena itu kami menyarankan perusahaan Anda harus menggunakan apa yang masuk akal tanpa membuat peta kapabilitas bisnis penuh dengan akhiran “Manajemen” atau “Pengaktifan” atau kata lain untuk menjadikannya kata benda.

Kapabilitas datang bersama-sama untuk membuat Peta Kemampuan Bisnis: Satu set kemampuan yang mencakup fungsi perusahaan membentuk peta kemampuan. Sekelompok kemampuan tingkat yang lebih tinggi memanifestasikan rantai nilai perusahaan.

Kemampuan bisnis adalah blok bangunan atom untuk memodelkan perusahaan dan merupakan masukan penting ke dalam arsitektur bisnis, pemberdayaan TI, dan disiplin terkait.

Terlepas dari definisi kapabilitas bisnis apa yang Anda gunakan, yang penting adalah menjaga integritas struktural dan koherensi internal dari usaha pemodelan kapabilitas bisnis Anda.

Tinggalkan komentar