Bagaimana Cara Masuk Islam Dan Menjadi Muslim?

Photo of author



WAKTUJAKARTA.COM — Masuk Islam adalah proses yang amat mudah. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara masuk Islam dan menjadi seorang Muslim dengan cara yang sederhana.

Selain itu, artikel ini memberikan gambaran singkat tentang Islam, iman dari 1,7 miliar orang, dan menjelaskan manfaat dari menerima agama Islam.

Kata ‘Islam’ dalam bahasa Arab berarti ‘ketundukan’, dan berasal dari kata yang berarti ‘damai’. Dengan demikian, agama Islam mengajarkan bahwa untuk mencapai kedamaian pikiran dan kepastian hati yang sejati, seseorang harus tunduk kepada Tuhan dan hidup sesuai dengan Hukum yang ditetapkan Allah Azza Wa Jalla.

Islam bukanlah agama baru karena ‘tunduk pada kehendak Allah’, yaitu Islam, selalu menjadi satu-satunya agama yang dapat diterima dalam pandangan Tuhan.

Karena alasan ini, Islam adalah ‘agama alami’ yang sebenarnya, dan itu adalah pesan abadi yang sama yang diungkapkan selama berabad-abad kepada semua nabi dan rasul Allah.

Pesan utama dari semua nabi adalah bahwa hanya ada satu Tuhan yang benar dan hanya Dia yang harus disembah. Para nabi ini mulai dengan Adam dan termasuk Nuh, Ibrahim, Musa, Daud, Sulaiman, Yahya Pembaptis, dan Isa, Alaihi Salaam. Allah berfirman dalam Al Qur’an:

وَمَآ أَرۡسَلۡنَا قَبۡلَكَ إِلَّا رِجَالٗا نُّوحِيٓ إِلَيۡهِمۡۖ فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

“Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka. Maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (al-Anbiya’: 7).

Namun begitu, pesan asli dari para Nabi ini ada yang hilang atau dipalsukan dengan berjalannya waktu. Bahkan kitab-kitab yang datang selanjutnya, yakni Taurat dan Injil dirubah oleh karenanya kehilangan kemampuan untuk membimbing manusia ke jalan yang benar.

Karena itu 600 tahun setelah Isa Alaihi Sallam, Allah menghidupkan kembali pesan yang hilang dari para nabi sebelumnya dengan mengirimkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam dengan wahyu terakhir-Nya, Al-Quran Al Karim, kepada seluruh umat manusia.

Nabi Muhammad adalah nabi terakhir, karena Allah sendiri telah berjanji untuk melestarikan seluruh Firman-Nya yang terungkap terakhir sehingga menjadi sumber bimbingan bagi semua umat manusia sampai Hari Kiamat. Sekarang penting bagi setiap orang untuk percaya dan mengikuti pesan terakhir dari Tuhan ini. Tuhan Yang Mahakuasa berfirman dalam Al Qur’an:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Quran 34:28).

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”. (Surat Ali ‘Imran 3:85).

Kata “Muslim” berarti orang yang tunduk pada kehendak Allah Azza Wa Jalla, terlepas dari ras, kebangsaan atau latar belakang etnisnya. Oleh karena itu, siapa pun yang siap untuk tunduk pada kehendak Allah berhak untuk menjadi seorang Muslim.

Manfaat masuk Islam

Ada banyak manfaat dari masuk agama Islam. Beberapa diantaranya adalah berikut ini:

  • Seseorang dapat membangun hubungan pribadi dan langsung dengan Tuhan dengan menyembah Dia, tanpa perlu perantara. Seseorang merasakan hubungan pribadi ini dan sadar bahwa Tuhan tahu segalanya dan selalu ada untuk membantunya.
  • Seseorang menyadari tujuan sebenarnya dari hidupnya, yaitu untuk mengenali Allah dan mengikuti perintah-perintah-Nya.
  • Seseorang diberikan cahaya, yang menuntunnya menjalani kehidupan. Agama Islam memiliki jawaban untuk semua situasi, dan orang akan selalu tahu langkah yang tepat untuk diambil dalam semua aspek kehidupan.
  • Seseorang menemukan kebahagiaan sejati, ketenangan, dan kedamaian batin.
  • Setelah masuk Islam, semua dosa sebelumnya diampuni, dan seseorang memulai kehidupan baru dalam kesalehan dan kebenaran. Dan sebagai seorang Muslim, ketika seseorang membuat kesalahan setelah itu, ia selalu dapat bertobat kepada Tuhan yang mengampuni dosa orang-orang yang bertobat kepada-Nya dengan tulus. Tidak ada perantara atau makhluk ciptaan untuk membuat pengakuan.
  • Seseorang mencapai keselamatan dari panasnya api neraka, yang telah diperingatkan oleh semua nabi.
  • Manfaat terbesar adalah bahwa seorang Muslim dijanjikan oleh Allah berupa pahala surga abadi (Surga). Mereka yang diberkati dengan Firdaus, akan hidup abadi dalam kebahagiaan tanpa penyakit, kesakitan, atau kesedihan apa pun. Allah Ridho kepada mereka dan mereka juga ridho kepada Allah. Bahkan pangkat terendah di antara penghuni Surga akan memiliki sepuluh kali lipat kenikmatan dunia ini, dan mereka akan memiliki apa pun yang mereka inginkan. Bahkan, di Firdaus ada kesenangan yang tidak pernah dilihat mata, tidak ada telinga yang pernah mendengar, dan tidak ada pikiran yang pernah terpikirkan. Ini akan menjadi kehidupan yang sangat nyata, tidak hanya spiritual, tetapi juga fisik.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang beberapa manfaat dalam memeluk Islam, Anda dapat membaca artikel ini “Manfaat Jika Masuk Islam”.

Cara Memeluk Islam – Kesaksian Iman (Syahadat)

Menjadi seorang Muslim adalah proses yang sederhana dan mudah. Yang perlu dilakukan untuk menjadi Muslim adalah cukup dengan mengucap lafadz kalimat yang disebut Kesaksian Iman (Syahadat), yang diucapkan sebagai berikut:

أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Dalam bahasa Arab artinya:

ASYHADU ALA-ILAHA-ILLALLAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSULULLAH.

Kata-kata Arab ini berarti, “Aku bersaksi Bahwa Tidak ada Tuhan Kecuali Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Nabi Muhammad itu adalah Utusan Allah.”

Suatu ketika seseorang mengatakan Kesaksian Iman (Syahadat) dengan keyakinan dan pemahaman maknanya, maka dia telah menjadi seorang Muslim.

Bagian pertama, “Tidak ada Tuhan yang pantas selain Allah,” berarti bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah sendiri, dan bahwa Allah tidak memiliki pasangan atau putra/putri. Bagian kedua adalah bahwa Muhammad adalah seorang Nabi sejati yang diutus oleh Allah kepada umat manusia.

Untuk menjadi seorang Muslim, seseorang juga harus:

  • Percayalah bahwa Alquran adalah firman Allah yang literal, yang diungkapkan oleh-Nya.
  • Percayalah bahwa Hari Penghakiman (Hari Kebangkitan) adalah benar dan akan datang.
  • Percaya pada para nabi bahwa Tuhan mengirim dan buku-buku yang Dia ungkapkan, dan di malaikat-malaikat-Nya.
  • Terima Islam sebagai agamanya.
  • Tidak menyembah apa pun atau siapapun kecuali hanya menyembah Allah.

Mengucap dua kalimat Syahadat dapat dilakukan sendiri, tetapi jauh lebih baik jika melakukannya dengan bantuan seorang Muslim, sehingga ia dapat membantu Anda dalam mengucapkannya dengan benar dan memberi Anda informasi dan saran penting yang secara khusus dipersiapkan bagi para Mualaf, untuk membantu mereka memulai hidup dengan iman yang baru mereka temukan.

Atau, Anda dapat menghubungi Masjid terdekat, pastikan itu Masjid Ahlus Sunnah Wal Jamaah, guna membantu anda melalui proses masuk Islam,

Anda tidak sendiri

Jika Anda telah mengikuti panduan di atas dan kini memeluk Islam sendiri, maka yakinlah bahwa Anda tidak sendirian, tetapi anda telah menjadi bagian dari keluarga besar yang memiliki iman yang sama dengan yang dimiliki oleh 1,7 miliar orang di dunia.

Kami sangat menyarankan agar Anda memberi tahu keimanan anda kepada orang lain, kecuali hal itu dapat membahayakan anda, maka menyembunyikannya tidak mengapa.

Kami mengucapkan selamat kepada Anda atas keputusan Anda, menyambut Anda masuk Islam, dan berusahalah untuk menjadi seorang Muslim dan mengikuti tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam sebaik mungkin.

Beberapa Kesalahpahaman Umum

Beberapa orang mungkin menunda keinginan mereka untuk masuk Islam, meskipun mereka telah yakin dan percaya bahwa Islam adalah agama Tuhan yang benar, karena beberapa kesalahpahaman.

Mereka mungkin berpikir bahwa masuk Islam harus mengubah nama mereka, harus belajar beberapa bahasa Arab, memberi tahu orang lain tentang pertobatan mereka, harus memiliki teman Muslim, atau tidak boleh mempunyai banyak dosa, adalah syarat untuk bertobat – namun kenyataannya adalah bahwa tidak satu pun dari ini adalah alasan yang sah untuk menunda masuk Islam.

Bagi Mereka Yang Belum Sepenuhnya Yakin

Islam mengklaim sebagai jalan yang benar yang diridhoi Allah. Apa yang membuat satu agama valid dari ideologi lain adalah bukti yang ditawarkan Islam untuk kebenarannya.

Oleh karena itu, kita perlu melihat bukti-bukti ini, menimbangnya dan mengambil keputusan. Seseorang harus tulus dalam upaya ini dan menjadikannya prioritas utama untuk mencari bantuan dari Yang Mahakuasa untuk membimbingnya ke jalan yang benar.

Jika seseorang masih tidak yakin akan kebenaran Islam, maka dia bisa lebih jauh melihat bukti yang ditawarkan Islam. Islam menawarkan bukti luar biasa tentang kebenarannya dan merupakan satu-satunya agama yang sepenuhnya menarik bagi akal sehat.

Beberapa bukti yang ditawarkan Islam adalah: bukti ilmiah dalam Al-Quran, mukjizat yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam dan nubuat tentang kedatangannya dalam kitab suci sebelumnya, peristiwa-peristiwa yang dinubuatkan dalam Al-Quran yang kemudian terjadi, tantangan tak terpenuhi dari Al-Quran.

Al-Quran Al Karim bahkan membawa bab seperti itu, dan hikmat ilahi dalam hukum dan ajaran Islam yang mencakup semua aspek kehidupan.

Kehidupan abadi kita di akhirat tergantung pada keyakinan apa yang kita pilih saat menjalani kehidupan sementara di dunia ini, maka marilah kita memprioritaskan perjuangan ini.

Setelah anda menjadi seorang Muslim, maka anda wajib mendirikan Shalat setiap hari, berpuasa, membayar zakat dan pergi haji jika mampu. Untuk lebih lengkapnya silahkan untuk membaca Rukun Islam.

Tinggalkan komentar