Cara Mendapatkan Passive Income & Penghasilan Ekstra Sebagai Netizen

ADA pepatah terkenal dari Dr. APJ Abdul Kalam, “Cintai pekerjaan Anda bukan perusahaan Anda, karena Anda mungkin tidak tahu kapan perusahaan Anda berhenti mencintai Anda”.

Oleh

DITERBITKAN 1:55 pm Sel Juli 2021

PELUANG, WAKTUJAKARTA.COM — Mendapatkan passive income dan penghasilan ekstra selalu lebih baik untuk memiliki aliran pendapatan selain pekerjaan harian biasa Anda. Di blog ini, saya akan menjelaskan berbagai cara yang Anda bisa terapkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau penghasilan pasif sebagai seorang netizen.

Sebagai netizen yang bersemangat, kita semua memiliki satu kesamaan. Kita suka belajar dan bereksperimen dengan alat dan teknologi baru. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah gairah ini menjadi uang.

Setiap kali saya bertemu orang, saya akan selalu memberitahu mereka untuk mengubah gairah mereka menjadi uang. Memang, mereka termotivasi pada saat itu dan kehilangan minat pada hari berikutnya. Jadi satu hal yang Anda butuhkan, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, adalah “ ketekunan ”.

Tidak ada kesuksesan dalam semalam. Anda perlu bekerja cerdas dan bekerja keras untuk mewujudkan sesuatu. Di balik setiap orang sukses, ada banyak pengorbanan dan kerja keras. Anda membuat keberuntungan Anda sendiri dengan mengambil tindakan dan bekerja keras.

Menurut saya, tidak ada yang namanya kegagalan. Jika Anda berhasil, itu adalah kesuksesan dan jika Anda gagal, itu adalah pembelajaran. Dan mengambil tindakan mengganti kegagalan Anda dengan satu atau lain cara.

Dapatkan Penghasilan Ekstra/ Pasif Income sebagai Netizen

Sebagai netizen, saya telah menggunakan cara berikut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semua yang saya lakukan membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil dan semua kegagalan mengajari saya pelajaran yang baik untuk melakukan hal yang benar di waktu berikutnya.

Ngeblog

Sebagai seorang netizen, Anda pasti telah membaca banyak blog yang ditulis oleh orang lain. Pernahkah Anda berpikir untuk memilikinya sendiri?. Menulis blog adalah cara yang bagus untuk berbagi pengetahuan, mempelajari hal-hal baru, dan terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama secara online.

Pertanyaan berikutnya yang akan Anda miliki adalah, dapatkah Anda menghasilkan pendapatan pasif melalui blogging? Jawabannya iya! Dan tidak ada batasan berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan melalui blogging. Ada blogger yang menghasilkan lebih dari $100.000 per bulan dari blogging. Mereka adalah blogger penuh waktu dan mereka benar-benar bekerja keras untuk mencapai level itu.

Selain uang, blogging menciptakan identitas online untuk Anda. Ini akan membantu meningkatkan karir Anda juga.

Anda bisa mendapatkan uang dari blog menggunakan cara berikut.

  1. Google Adsense  – Program periklanan dari Google berdasarkan klik dan tayangan.
  2. Affiliate Marketing – Mendapatkan komisi per penjualan untuk produk yang Anda rujuk ke blog Anda.
  3. Iklan Langsung – Perusahaan membayar sejumlah uang untuk menampilkan iklan mereka di blog Anda.
  4. Ulasan Produk Berbayar  – Ketika produk baru diluncurkan, mereka mungkin menghubungi blogger yang relevan di niche mereka untuk meninjau produk mereka. Dan ya, Anda bisa mendapatkan bayaran untuk itu.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa blogging membutuhkan konsistensi. Anda tidak dapat membuat hanya sepuluh artikel dan menunggu untuk menghasilkan uang. Anda perlu secara konsisten membuat konten yang menarik dan berkualitas bagi pengguna.

Untuk memulai blogging, Anda harus memiliki nama domain dan hosting WordPress yang dihosting sendiri. Ada banyak platform blogging gratis, namun, lebih baik untuk menghosting sendiri platform blogging Anda menggunakan WordPress karena sangat dapat disesuaikan. Selain itu, kami adalah netizen, selalu baik untuk memulai dengan sedikit pekerjaan teknis

Saya rekomendasikan untuk menggunakan JagoanHosting, paket mereka bagus dan solid, terlebih lagi jika menggunakan paket Cloud MixMatch dimana Anda bisa menentukan sendiri spesifikasi, dan harganya terjangkau.

Silahkan meluncur ke JagoanHosting (Link afiliasi jika Anda membeli paket disana, maka saya akan mendapatkan komisi).

Menulis eBook

Jika Anda dapat menjelaskan konsep kompleks dengan cara yang mudah dipahami, Anda harus mencoba menulis eBook. Dengan platform seperti penerbitan Amazon Kindle, Anda dapat dengan mudah menerbitkan sendiri eBook Anda di Amazon.

Anda dapat memulai dengan menulis panduan memulai untuk teknologi yang Anda gunakan. Saran saya, selalu gunakan panduan bahasa pemrograman terbaru atau panduan alat (terutama open source).

Sudah banyak orang telah ikut menulis eBook teknis dan menerbitkannya sendiri di Amazon selama bertahun-tahun dan saya mempromosikan buku tersebut di grup LinkedIn yang relevan. Mereka dapat menghasilkan uang yang layak dengan menjual e-book. Juga, itu memberi mereka lebih percaya diri untuk menulis lebih banyak buku.

Selain itu, Anda dapat mencoba menerbitkan platform seperti Packt, Leanpub, Apress, dll. Anda dapat mengirimkan draf tulisan Anda kepada mereka dan jika mereka menyukainya, Anda dapat menerbitkan buku tersebut di platform mereka.

Buat Kursus Video

Membuat kursus video di platform seperti Udemy adalah sumber pendapatan pasif yang bagus untuk netizen. Anda dapat mengunggah kursus video Anda sepenuhnya gratis di Udemy dan Anda dapat menjual kursus Anda dengan jumlah yang Anda pilih.

Untuk setiap langganan berbayar untuk kursus Anda, Anda akan mendapatkan jumlah penjualan 70% dan Udemy akan mengambil 30% sebagai komisi. Ini sangat bagus karena kursus Anda akan terlihat oleh jutaan pengguna Udemy. Juga, Jika kursus Anda mendapat peringkat pengguna yang baik, banyak mitra Udemy akan mempromosikan kursus Anda di blog dan situs web mereka sendiri.

Saya sedang dalam proses membuat kursus video di hosting cloud WordPress. Saya menggunakan JagoanHosting untuk video explainer dan Camtasia untuk screencasting dan pengeditan video. Kedua perangkat lunak ini luar biasa untuk membuat kursus video yang bagus.

Freelance

Menjadi freelance atau pekerja lepas paruh waktu adalah cara lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Anda dapat mencari pertunjukan lepas yang terkait dengan domain Anda di situs-situs seperti freelancer.com, upwork.com, dll.

Blogging adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan pertunjukan lepas. Blog menunjukkan otoritas Anda di domain Anda. Saya telah mendapatkan pertunjukan lepas melalui blog saya. Orang-orang akan melihat posting blog yang saya tulis dan mereka mengirimi saya email untuk mengetahui apakah saya dapat menyelesaikan pekerjaan untuk mereka.

Menjadi aktif di grup Linked dan Linkedin, grup Facebook adalah cara lain untuk mendapatkan pertunjukan lepas. Bagikan posting blog Anda yang memecahkan masalah atau artikel menarik dan informatif dari situs web lain. Dengan demikian, Anda dapat berjejaring dengan orang-orang di domain Anda dan orang-orang akan menghubungi Anda untuk pertunjukan lepas paruh waktu.

Juga, buat grup Linkedin dan Facebook Anda sendiri. Bagikan konten menarik secara konsisten dan orang-orang pada akhirnya akan bergabung dengan grup. Banyak yang memulai grup Linkedin dengan 0 anggota dan sekarang telah berkembang menjadi lebih dari 37000+ anggota. Sama dengan grup Facebook yang telah berkembang menjadi lebih dari 8000+ anggota.

Youtuber

Saya letakan di bagian akhir, karena sebenarnya Youtuber merupakan profesi yang amat sangat menjanjikan untuk mendapatkan pasif income hingga – bahkan — milyaran setiap bulan, karena banyak sudah Youtuber tanah air memiliki penghasilan sebesar itu.

Tentu saja, Anda harus memiliki konten video yang menarik, entah itu sebuah video tutorial, cerita Anda yang dikemas dengan gaya menarik, konten apapun sejauh Anda tahu bakal menarik minat dan disajikan dengan video dengan gambar dan suara berkualitas maka Anda akan berhasil.

Kesimpulan

Saya telah menjelaskan cara-cara yang telah terbukti bahwa Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan/pasif sebagai teknisi. Saya telah menjelaskan semua cara yang telah saya coba dan berhasil untuk saya. Ada banyak cara lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan yang sah berdasarkan bakat Anda.

Misalnya, beberapa netizen adalah seniman dan fotografer yang baik. Mereka dapat menjual foto mereka di situs seperti Shutterstock. Yang harus Anda lakukan adalah menghabiskan 2 jam sehari melakukan hal-hal yang benar-benar Anda minati.

Saya telah melihat orang-orang bekerja lebih dari 12 jam (Termasuk Saya Sendiri_\_(ツ)_/ a) sehari untuk perusahaan meskipun perusahaan hanya membayar mereka selama 8 jam. Saya tidak mengatakan Anda tidak harus bekerja keras untuk perusahaan atau tujuan karir Anda, tetapi kerjakan hal-hal yang benar-benar Anda sukai dan itu akan membantu Anda bahkan jika Anda kehilangan pekerjaan. Dan Anda tidak tahu, terkadang usaha sampingan bisa berubah menjadi bisnis besar bagi Anda.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah duduk, berpikir dan mengambil tindakan hari ini!

Silakan berikan komentar di bagian bawah untuk membagikan pemikiran Anda!

Tinggalkan komentar