Doa Setelah Melaksanakan Sholat Dhuha

Oleh

DITERBITKAN 4:08 pm Sab Desember 2019

WAKTUJAKARTA.COM — Sering melaksanakan Sholat Dhuha setiap harinya? Maka beruntunglah anda karena dengan begitu anda telah mengamalkan Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, dan tentu saja akan lebih lengkap lagi jikalau anda juga membaca doa setelah Sholat Dhuha yang akan dibahas disini.

Maka bagi setiap umat Islam yang rutin melaksanakan Shalat Sunnah Dhuha, saya amat anjurkan untuk membaca penjelasan dari halaman ini.

Apakah ada doa setelah menunaikan sholat Dhuha? Untuk mengetahui hal tersebut maka bisa merujuk kepada keterangan al-Hadits Shahih berikut ini. Dimana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam selalu memanjatkan doa Shalat Dhuha setiap melaksanakan ibadah Sunnah ini menurut yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah Radhiyallahu Anha.

Doa setelah melaksanakan sholat Dhuha dapat kita temui dalam sebuah al-Hadis yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah Radhiallahu Anha yang menyaksikan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ali Wa Sallam membaca doa berikut ini setelah melaksanakan sholat Dhuha.

Doa Shalat Dhuha (I)

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Doa Shalat Dhuha Latin

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM”  (Dibaca sebanyak 100X).”

Arti doa Shalat Dhuha

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” [HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. RumaySho.com].

Meskipun doa Shalat Dhuha ini amatlah pendek namun betapa besar manfaat dan pahalanya, dimana kita memohonkan ampunan dan agar menerima Taubat kita kepada Allah Sang Maha Pengampun dan Maha Pemberi Taubat juga Maha Penyayang dan Maha Bijaksana.

Dan ini merupakan doa Sholat Dhuha dari Hadits Shahih yang kebenarannya terjamin dan dapat amalkan setiap kali selesai melakukan sholat Dhuha seperti yang dipraktekan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam.

Oleh karenanya selalu membacakan doa Sholat Dhuha ini setelah selesai melaksanakan Shalat Dhuha. Dan mengenai tuntunan bagaimana cara melaksanakan ibadah Sunnah Muakkadah ini dapat ditemui pada halaman tata cara sholat Dhuha. Dimana anda akan dituntun melaksanakannya dari mulai Takbiratul Ihram hingga Salam.

Keutamaan melaksanakan sholat Dhuha amatlah besar dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam sangat menekankan umatnya agar melakukannya karenanya termasuk kedalam Sunnah Muakkadah yakni Sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca doa

Sedangkan keutamaan doa sudah jelas perintahnya dalam sejumlah ayat-ayat al-Qur’an al-Karim berikut ini:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ. وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Arti:

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. [QS. Al-A’raf : 55-56].

وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Arti:

“Dan Allah mempunyai nama-nama yang sangat indah (Al-Asmâ’u al-Husnâ), maka memohonlah kamu kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama itu.” [QS. Al-A’raf : 180].

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya :

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” [QS. Al-Baqarah : 186].

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya :
Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” [QS. Al-Mu’min : 60[.

Baca pula doa Sesudah Sholat Tahajud.

Ada Pula doa Shalat Dhuha yang lazim dan cukup populer dipanjatkan di masyarakat Muslim, meskipun sejauh ini saya belum menemukan rujukan dalilnya (Silahkan tulis di area komentar jikalau ada yang mengetahui rujukannya). Dan biasa dibaca setelah melaksanakan Shalat Sunnah Dhuha.

Doa Setelah Sholat Dhuha (Arab)

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ والْبَهَاءَ بَهَاءُكَ والْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ والْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِى الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآ اَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Doa Setelah Sholat Dhuha (Bahasa Latin)

“Allahumma innad dhuhaa-a dhuhaauka, walbahaa-a bahaauka, waljamaala jamaaluka, walquwwata quwwatuka, walqudrota qudrotuka, wal’ishmata ‘ishmatuka. Allahumma inkaana rizqii fissamaa i fa-anzilhu, wa in-kaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa in-kaana mu’siron fayassirhu, wa in-kaana ba’iidan faqorribhu bihaqqi dhuhaaika wa bahaaika wa jamalika wa quwwatika wa qudrotika aatinii maa atayta ‘ibaadakas-shoolihiin.”

Arti Doa Sholat Dhuha

“Yaa Allah, sesungguhnya waktu dhuha-Mu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan adalah keagungan-Mu, dan keindahan adalah keindahan-Mu, dan kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. Yaa Allah, apabila rizkiku di atas langit maka turunkanlah, dan apabila di bumi maka keluarkanlah, dan apabila sulit maka mudahkanlah, dan apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, dan keagungan-Mu, dan keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Meski begitu namun isi dari doa Setelah Shalat Dhuha ini adalah Shahih dimana kita memohon hanya kepada Allah untuk memintakan Rejeki, dan kebenaran pula keagungan Allah, dimana dalam doa Dhuha ini kita memanjatkan hajat kita agar dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Semoga Allah selalu mengabulkan hajat dunia dan akhirat kita dan selalu menempatkan kita semua dalam perlindungan, pertolongan, pengasihan dan bimbingan-Nya baik di dunia dan di akhirat agar kita bukan termasuk orang-orang yang merugi dan sesat.

Dan jangan lupa untuk selalu membiasakan melaksanakan Shalat Dhuha setiap hari, lihat jadwal Shalat Dhuha, agar kita mendapat berbagai keutamaan dan pahala yang dijanjikan Allah Ta’ala melalui pemberitaan Nabi-Nya,….Aaamiiin Allahuma Aaamiiin.

Kenapa kita harus berdoa kepada Allah?

Doa merupakan tanda betapa kita membutuhkan pertolongan dan perlindungan kepada Allah Ta’ala, dan sebagai sarana untuk memohon agar dikabulkannya semua hajat kita hanya kepada sang Khalik.

Dari situ sebagai sarana mengingatkan diri kita bahwa sejatinya kita hanyalah hamba yang lemah yang membutuhkan pertolongan dari Allah Azza Wa Jalla yang Maha Pemberi Pertolongan.

Semakin banyak kita berdoa semakin baik pula kesadaran kita sebagai hamba dan akan menjauhkan dari sifat takabur dan sombong yang akan membawa kepada kerugian dunia dan akhirat.

Oleh karenanya sebagai seorang Muslim sudah sewajarnya kita selalu memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala setiap waktu dan setiap saat untuk meminta perlindungan, pertolongan, petunjuk dan mengabulkan hajat dunia dan akhirat kita. Jadi jangan pernah putus asa dalam berdoa kepada Allah meskipun doa yang kita panjatkan belum terkabul, karena Allah Yang Maha Tahu hal ihwal kapan terbaik mengabulkan doa-doa kita.

Akhirul Kalam

Itulah keseluruhan bacaan doa Shalat Dhuha yang bisa kita amalkan setelah usai melaksanakan Shalat Dhuha sesuai yang di Sunnahkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam melalui jalur periwayatan Siti Aisyah Radhiyallahu Anha.

Jika artikel ini bermanfaat maka silahkan bagikan kepada keluarga, teman, saudara dan kerabat Insya Allah mereka membutuhkan untuk diamalkan pula. Dan Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam dari AiTarus.Com berikutnya di masa datang.

Insya Allah bermanfaat.

Tinggalkan komentar