Dzikir Dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

DZIKIR dan doa sesudah Sholat Tahajud ini bisa diamalkan setiap menunaikan Sholat Sunnah Tahajud yang Insya Allah membawa Rahmat dan Ridho Allah Azza Wa Jalla.

Photo of author



WAKTUJAKARTA.COM — Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud merupakan bahasan utama dari artikel ini guna membantu saudara/i seiman.

Alhamdulillah kita telah mengetahui tata cara sholat Tahajjud, dan usai menunaikan ibadah Sunnah Muakkad tersebut dianjurkan dzikir dan berdoa. Jika saudara dan saudari seiman Islam telah usai menunaikan Shalat Tahajud silahkan membaca doa yang saya informasikan di artikel ini untuk anda sekeluarga.

Bahasan ini merupakan bagian dari bahasan tentang Tahajjud. Yang Insya Allah bermanfaat.

Dan Allah Jalla Jalaluhu amat mencintai hamba-hamba yang berdzikir dan berdoa kepadanya. Kedua ibadah ini jelas perintahnya di dalam al-Quran al-Karim.

Perintah berdzikir:

Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Al Ahzab 41-42).

Dzikir berarti mengingat, dalam hal ini ialah mengingat Allah Azza Wa Jalla.

Perintah berdoa:

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al-A’raf : 55-56).

Dzikir setelah sholat tahajud

Membaca istighfar:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.

Artinya: “Saya memohon kepada Allah yang maha agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.”

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْت

“Allahumma Anta Robbi, Laa Ilaaha Illa Anta, Khalaqtani wa ana abduKa, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, Audzubika min syarri maa shona’tu, Abu’u laka bi ni’matiKa ‘alaiyya wa abu’u laKa bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa Anta”.

Artinya: “Ya Allah! Engkaulah Rabbku, Tak ada Tuhan yang berhak disembah selain.Mu, Engkaulah Yang menciptakanku, dan aku adalah hamba.Mu, aku berada di atas ikatan dan janji.Mu selama aku mampu, aku berlindung kepada.Mu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepada.Mu atas nikmat.Mu kepadaku, dan aku juga mengakui kepada.Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Selanjutnya membaca doa berikut ini.

Doa Setelah Sholat Tahajud (Tulisan Arab)

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

“Allahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.”

Artinya:

“Ya Allah! Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik.Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji.Mu lah yang benar, pertemuan dengan.Mu adalah benar, perkataan.Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.”

Artinya:

“Ya Allah! Hanya kepada.Mu lah aku berserah diri, hanya kepada.Mu lah aku beriman, hanya kepada.Mu lah aku bertawakal hanya kepada.Mu lah aku kembali, hanya dehgan.Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada.Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan Tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca juga doa setelah sholat Dhuha.

Demikianlah pembahasan mengenai Dzikir dan doa setelah Tahajud. Jika ikhwan dan akhwat mempunyai tambahan silahkan utarakan di area komentar atau hubungi kami. Semoga banyak memberi manfaat.

Yang pasti agar kita selalu mengamalkan Shalat Tahajud setiap malam, dan menjadikan ibadah Sunnah penuh berkah ini sebagai amalan rutin kita.

Bangunlah saat malam dan kemudian menuju tempat wudhu dan laksanakan Shalat Sunnah malam yakni Tahajud dimana kita meninggalkan tempat tidur untuk mendekatkan diri kepada Allah Azza Wa Jalla.

Syukron katir Wassalamu Alaikum WarahmatUllahi Wabarakatuh. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Dakwah Islam yang berikutnya.

Tinggalkan komentar