Kumpulan Doa Taubat Dari Al Qur’an Dan Al Hadits

BERTAUBATLAH karena kesempatan selalu ada bagi mereka yang mau memohon ampun atas dosa-dosa pernah dilakukannya, pintu Taubat akan selalu terbuka. Ini adalah kumpulan doa Taubat para Nabi untuk diamalkan.

Oleh

DITERBITKAN 12:44 pm Sel Agustus 2021

WAKTUJAKARTA.COM — Bagaimanakah doa taubat dari kedua sumber Islam yakni Al-Qur’an dan Al Hadits? Maka bisa ditemukan disini untuk anda amalkan memohon ampun dan berjanji untuk taubat.

Taubat adalah tindakan yang kita lakukan setelah melakukan salah dan dosa. Berharap mendapat maaf dari TuhanNya seluruh makhluk dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan itu.

Bukan manusia namanya jika tidak melakukan salah dan dosa—kita sudah memiliki desain yang cenderung berbuat zalim.

Karenanya kita sering jatuh kedalam kubangan dosa. Ini sesuatu yang amat dilarang Allah SWT, namun bukan berarti tiada kata maaf.

Karena sifat Allah adalah Maha Pemaaf yang selalu memaafkan hamba-hambaNya yang khilaf.

Alhamdulillah, karena Allah amat berbahagia jika ada hambaNya yang datang bersimpuh padaNya untuk bertaubat.

Bahkan Rasulullah SAW menggambarkan kegembiraan Allah terhadap hambaNya yang bertaubat, melebihi kegembiraan seseorang yang menemukan barang miliknya yang hilang di tengah padang.

“Demi Allah, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya dari pada seseorang di antara kamu yang menemukan kembali miliknya yang hilang di tengah padang. Barangsiapa mendekatkan diri kepada-Ku sejengkal, maka Aku mendekat kepadanya sehasta. Barangsiapa mendekatiku sehasta, maka aku mendekatinya selangkah. Barangsiapa mendekati-Ku dengan berjalan maka Aku mendekatinya dengan berlari.” HR. Muslim.

Jadi jangan pernah berputus asa terhadap ampunan dan maafNya, karena tiada terbatas, selagi masih ada kesempatan hidup maka bertaubatlah jangan seperti Fir’aun yang insaf saat sudah terlambat.

Dan Alhamdulillah, di dalam al-Quran kita di hadiahi sejumlah doa taubat yang bisa kita amalkan.

Kumpulan Doa Taubat Dari Al Qur’an Dan Al Hadits

Berikut ini adalah kumpulan doa-doa yang bisa anda amalkan yang ditemui dari kedua sumber utama agama Islam yakni al-Qur’an dan al-Hadits silahkan di amalkan.

Do’a Taubat dari Al-Qur’an

Berikut ini adalah kumpulan doa taubat yang lafazh-nya tersedia di dalam al-Quran al-Karim:

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِينَ

Dia (Nuh) berkata, “Ya Rabbku, sungguh aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak tahu akan hakikatnya. Jikalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.’” – Q.S. Hud (Nabi Hud) [11]: 47.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Ya Rabb kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. …
Dan terimalah taubat kami. Sungguh, Engkaulah Maha Penerima taubat, maha penyayang.” – Q.S. Al-Baqarah (Sapi Betina) [2]: 127, 128.

Do’a Taubat dari Hadits

Rasulullah SAW juga mengajarkan doa taubat yang dapat ditemui dalam al-Hadits berikut ini:

رَبِّ اغْفِرْلِيْ، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ
Ya Rabbku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun.

Abdullah bin Umar رضي الله عنهما menuturkan, “Aku menghitung bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengucapkan kalimat ini: ‘Rabbighfirlii watub ‘alayya innaka antat-tawwaabul ghafur‘ di dalam suatu majelis sebanyak seratus kali.” Shahih: Abu Dawud no. 1516, at-Tirmidzi no. 3434, Ibnu Majah no. 3814. Ini adalah lafaz at-Tirmidzi, dan ia mengatakan, “Hadits hasan shahih gharib.” Lihat Shahih al-Jami’ish Shaghir no. 3486 dan Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 556.

Silahkan pelajari juga tata cara Sholat Taubat untuk anda jadikan bimbingan melaksanakannya kapan saja dimana saja.

Insya Allah artikel tentang kumpulan doa dari al-Qur’an dan al-Hadits ini bermanfaat bagi anda dan semua….Aamiin Allahumma Aamiin Ya Robb.

Tambahan

Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan yang membawanya pada dosa. Setiap manusia selama hidup didunia tidak jarang khilaf sehingga melanggar larangan agama.

Namun yang terbaik dari kita adalah yang bertaubat atas kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat. Bukan malah sebaliknya merasa putus asa karena berprasangka buruk bahwa Allah sudah terlalu marah padanya sehingga yakin taubatnya tidak akan diterima.

Padahal Rahmat dan Ampunan Allah amatlah luas dan besar begitupun Allah tidak menyukai orang-orang yang berputus asa terhadap Rahmat dan Ampunan-Nya.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Surat Az-Zumar Ayat 53].

Kini tidak ada lagi alasan bagi kita untuk berputus asa akan Rahmat-Nya, meskipun kita tergolong orang yang sudah melampaui batas, artinya sudah terlalu banyak dan besar dosa yang kita lakukan kita masih bisa bertaubat dan memohon ampunan.

Dan di artikel ini kami hadirkan doa-doa taubat dan doa untuk memohon ampun atas salah dosa yang telah dilakukan.

Baca juga Shalat Tahajud dan doa setelah Tahajud. kemudian memohon ampunan atas dosa yang anda telah lakukan, karena Allah mengabulkan doa orang yang bertahajud.

Allah Maha Pengampun dan Penyayang terhadap manusia terutama umatnya Nabi. Allah telah membuka pintu taubat dan tidak ditutup, hingga nyawa mencapai tenggorokan atau saat matahari terbit di barat, dimana saat itulah pintu taubat telah ditutup.

Karena besar ampunan-Nya, Allah telah menetapkan untuk kita shalat Taubat dan doa memohon ampun sebagai salah satu ibadah terbaik, dimana hamba-Nya dapat mendekatkan diri padaNya dengan harapan taubatnya akan diterima.

Sangat di anjurkan untuk juga melakukan Shalat Taubat bagi mereka yang melakukan dosa besar seperti Zinah, minum khamar, murtad, dan dosa seputar aqidah lainnya.

Doa taubat dan doa mohon ampun

Adapun untuk doa Taubat dan doa memohon ampunan maka kita bisa membuka Al Qur’an dan Hadits untuk mendapat ‘bocoran” bagaimana doa para Nabi, dimana susunan doa mereka adalah yang terbaik.

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Adam Alaihissalam

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Keduanya berkata, “Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. [Al-A’râf/7:23]

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Nuh Alaihissalam

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِينَ

Dia (Nuh) berkata, “Ya Rabbku, sungguh aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak tahu akan hakikatnya. Jikalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.’” – Q.S. Hud (Nabi Hud) [11]: 47.

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Ibrahim Alaihissalam

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Rabb kami! Berilah ampunan kepadaku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang Mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [Ibrâhîm/14:41]

Dan juga:

وَالَّذِي أَطْمَعُ أَنْ يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ

dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.” [Asy-Syu’ara’ / 26: 82].

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Musa Alaihissalam

أَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۖ وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِينَ﴿١٥٥﴾وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ

Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya. Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau… [Al-A’raf / 7: 155-156].

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي

Musa mendoa, “Ya Rabbku! Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku.” [Al-Qashash/28:16].

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Sulaiman Alaihissalam

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Ia berkata: “Wahai Rabbku! Ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” [Shad/38:35].

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam

رَبِّ اغْفِرْلِيْ، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ

Ya Rabbku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun.

Kapan waktu terbaik untuk berdoa memohon ampunan?

Waktu terbaik adalah secepatnya saat anda Insaf dan ingin bertaubat atas dosa kecil maupun besar yang telah anda lakukan. Tidak perlu menunggu waktu-waktu terbaik untuk berdoa, secepatnya disaat anda memutuskan untuk bertaubat maka saat itu pula berdoa memohon ampunan Allah Sang Maha Pengampun.

Setelah anda bertaubat dan terus memanjatkan doa taubat maka perbanyaklah melakukan ibadah seperti Shalat, (lihat juga keutamaan Shalat) dan ibadah lainnya Insya Allah dosa dan kesalahan diampuni Allah Azza Wa Jalla.

Tinggalkan komentar