Masinton Menantang Ganjar Keluar Dari PDIP Jika Enggan Patuhi Aturan Partai

Photo of author



WAKTUJAKARTA, NASIONAL — Politikus PDIP (PDI Perjuangan) Masinton Pasaribu menanggapi keras deklrasi relawan desa atau Des Ganjar sebagai dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bagi Masinton deklarasi itu merupakan tindakan pemaksaan kepada PDIP untuk mencalonkan Ganjar sebagai capres.

Deklarasi dukungan kepada gubernur Jawa Tengah itu diklaim diprakarsai oleh Ganjar Pranowo yang berlangsung di Pantai Bandeng, Kabupaten Jepara, pada Sabtu (4/6).

Lebih lanjut, Masinton menganggap Ganjar hanya bermodalkan pencitraan semata guna memuluskan dirinya sebagai capres 2024.

“Masa kita memaksa partai untuk mendeklarasikan nama tertentu dengan modal pencitraan tadi [hanya dengan] menciptakan deklarasi-deklarasi? Kalau berani nyapres aja dari partai lain, atau bikin partai lah,” ujar Masinton kepada CNN Indonesia TV, Senin (6/6).

Kemudian, bahkan Masinton menantang Ganjar agar keluar saja dari PDIP apabila gubernur Jawa Tengah itu sudah tidak kerasan atau enggan mematuhi mekanisme organisasi.

“Kalau masih merasa dirinya PDIP, ikut mekanisme organisasi. Kalau tidak betah dan tidak nyaman dengan mekanisme keorganisasian, silakan saja keluar,” tegas Masinton.

Masinton menyarankan sebaiknya Ganjar mencurahkan perhatian untuk membangun daerahnya sebelum berpetualang politik ke daerah-daerah lain.

Menurut Masinton, sebaiknya Ganjar menunjukkan prestasi di daerahnya, jika ada prestasi tidak mustahil partai akan menjadikan hal itu sebagai pertimbangan agar Ganjar bisa maju nyapres.

“Tapi kalau kemudian ke sana-sini membangun pencitraan dan sibuk deklarasi copras-capres, seakan-akan kita mau dipaksa untuk mendeklarasikan orang tertentu kemudian ada deklarasi yang dimobilisasi, ya nanti dulu,” paparnya.

Lebih lanjut, Masinton pun menyinggung pertanggungjawaban politik Ganjar adalah lima tahun sesuai masa jabatan sebagai Gubernur.

“Kalau sekarang sibuk copras-capres, yang ngurus rakyat siapa? Presiden dan kabinet┬ácopras-capres, partai politik copras-capres, perangkat desa copras-capres,” sindir Masinton.

“Pernyataannya, sampai 2024 nanti siapa yang ngurus rakyat?” tanyanya.

Seperti diberitakan, telah diadakan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang, di Kabupaten Jepara yang dihadiri ribuan orang.

Ketua panitia Des Ganjar, Hartoyo menyatakan bahwa deklrasi bertajuk Des Ganjar memiliki tujuan mendongkrak elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu. Kata Hartoyo, relawan Ganjar yang hadir saat itu terdapat dari unsur aparat desa yang menginginkan Ganjar sebagai presiden pada pemilu 2024 nanti.

Tinggalkan komentar