Apa Itu Setara Kas? Penjelasan Lengkapnya Disini

SETARA KAS pada umumnya adalah investasi yang sangat likuid yang jatuh tempo dalam waktu tiga bulan atau kurang, memiliki kualitas kredit yang tinggi dan tidak dibatasi penggunaannya sehingga dapat segera digunakan.

Oleh

DITERBITKAN 11:35 am Ming Juli 2021

AKUNTANSI, WAKTUJAKARTA.COM — Kas adalah bentuk uang yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. bisa dalam bentuk uang tunai cair, koin, mata uang yang ada di rekening bank, catatan dll.

Namun, ada juga konsep setara kas. Ini adalah aset yang dimiliki perusahaan yang dapat dicairkan dengan mudah.

Apa itu Kas dan Setara Kas Tunai?

Setara kas adalah aset yang paling likuid. Dengan kata lain, mereka adalah aset yang dapat dengan cepat kita ubah menjadi uang tunai. Contohnya termasuk surat utang negara, surat berharga, dana pasar uang, dan obligasi pemerintah jangka pendek. Mata uang asing adalah setara kas dan begitu juga surat berharga.

Mereka jatuh tempo dalam waktu tiga bulan, tidak seperti investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Investasi jangka pendek jatuh tempo hingga 12 bulan, sedangkan investasi jangka panjang jatuh tempo kemudian.

Berikut adalah bagaimana definisi kas dan setara kas telah ditentukan dan ditentukan oleh standar akuntansi.

Kas : “uang tunai dan giro.”

Setara kas : “investasi jangka pendek, sangat likuid yang siap”

dapat diubah menjadi kas dalam jumlah yang diketahui dan yang memiliki risiko perubahan nilai yang tidak signifikan.”

Ini adalah beberapa contoh setara kas:

  • Cek Perjalanan : Cek perjalanan adalah cek yang memungkinkan pembayaran lintas mata uang di negara asing.
  • Cek Bank : Cek bank adalah potongan kertas yang umumnya berkode MICR yang dapat dipindai oleh bank. Bank wajib memberi Anda jumlah yang ditentukan kecuali akun tidak memiliki jumlah yang ditentukan dan cek tertolak.
  • Instrumen pasar uang. 

Berikut adalah jenis-jenis instrumen pasar uang yang tersedia di India:

  1. Surat berharga: Surat berharga adalah instrumen utang jangka pendek yang diterbitkan perusahaan untuk mengumpulkan uang dari pasar untuk jangka waktu yang singkat, 15 hari hingga satu tahun.
  2. Treasury Bills: T-Bills adalah instrumen pinjaman jangka pendek dengan jangka waktu kurang dari satu tahun dan diterbitkan oleh RBI atas nama pemerintah India
  3. Sertifikat deposito: Juga merupakan instrumen pinjaman jangka pendek tetapi diterbitkan oleh bank. Jangka waktunya berkisar antara tiga bulan hingga satu tahun.
    1. Obligasi pemerintah jangka pendek
    2. Setoran jangka pendek yang jatuh tempo dalam waktu 3 bulan sejak akuisisi
    3. Instrumen utang jangka pendek yang sangat likuid jatuh tempo dalam waktu 3 bulan sejak akuisisi
    4. Deposito berjangka jatuh tempo dalam waktu 3 bulan sejak akuisisi ·
    5. Cerukan bank yang dapat dilunasi sesuai permintaan

Apa Sifat Setara Kas?

Dapat diubah menjadi uang tunai: Setara kas dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan jangka pendek suatu bisnis. Setara kas tidak disimpan untuk tujuan jangka panjang atau investasi.

Berinvestasi dalam saham sekarang sangat sederhana

Dapat dikonversi ke jumlah yang diketahui: Setara kas tidak harus dapat dikonversi menjadi uang tunai Itu harus dapat dikonversi ke jumlah yang diketahui. Ini berarti bahwa harga harus ditentukan sebelumnya atau harga pasar harus mengalami banyak fluktuasi.

Risiko rendah: Setara kas, karena bersifat jangka pendek dan tidak boleh banyak fluktuasi, instrumen tersebut harus memiliki risiko yang tidak signifikan dan harus siap dikonversi menjadi uang tunai. Oleh karena itu, sebagian besar semua investasi yang memenuhi syarat sebagai setara kas memiliki jatuh tempo kurang dari tiga bulan.

Bukan investasi ekuitasInvestasi ekuitas pada umumnya tidak termasuk dalam kategori setara kas kecuali dalam kasus saham preferen yang dibeli dalam waktu singkat sejak jatuh tempo dan memiliki tanggal penebusan tertentu.

Kas dan setara kas muncul di neraca perusahaan di sisi aset.

Setara kas di neraca

Dalam neraca perusahaan, akuntan mengelompokkan setara kas dengan kas.

Istilah dekat uang atau uang kuasi  mengacu pada aset yang sangat likuid yang dapat dengan cepat kita ubah menjadi uang tunai. Near money adalah aset non-tunai yang sangat likuid tetapi tidak dapat kita gunakan secara langsung untuk transaksi.

Kas dan setara kas akan muncul di neraca sebagai item pertama dalam daftar aset lancar. Kami mencantumkannya terlebih dahulu karena sangat cair. Kami menyatakan item baris dalam urutan likuiditasnya.

Setara kas – mata uang asing

Mata uang asing hanya setara dengan uang tunai jika Anda dapat dengan cepat mengubahnya menjadi mata uang lokal Anda. Dengan kata lain, jika Anda dapat mengubahnya menjadi uang tunai dengan cepat.

Misalnya, saya dapat mengonversi dolar AS ke mata uang saya dengan cepat. Mencoba mengubah Bolivar Venezuela menjadi uang tunai sangatlah sulit. Oleh karena itu, mata uang Venezuela bukan setara dengan uang tunai, tetapi dolar AS.

Apa itu Laporan Arus Kas?

Arti kas dan setara kas, dalam arti sebenarnya, terletak pada laporan arus kas. Ini adalah semua informasi tentang kas dan setara kas perusahaan. Semua perusahaan yang terdaftar di India diharuskan menyiapkan laporan arus kas. Semua pemangku kepentingan akan tertarik pada bagaimana perusahaan menggunakan kasnya.

Laporan arus kas memberi kita gambaran tentang arus masuk dan arus keluar kas dan setara kas. Ini terlepas dari apa sifat perusahaan. Apakah itu lembaga keuangan di mana uang tunai sebenarnya merupakan produk atau perusahaan manufaktur di mana uang tunai hanya digunakan untuk transaksi.

Apa yang Diberitahukan Laporan Arus Kas kepada Anda?

Penilaian arus kas dalam kaitannya dengan metrik dan laporan keuangan lainnya dapat memberikan gambaran yang baik tentang penyebaran kas dan kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan arus kasnya untuk beradaptasi dengan keadaan yang berubah. Ini memberi gambaran tentang likuiditas yang dimiliki perusahaan. Ini juga merupakan indikator seberapa banyak perusahaan menyimpan asetnya dalam bentuk tunai dan berapa banyak dalam bentuk lain.

Semua perusahaan membutuhkan uang tunai untuk tujuan yang sama, untuk menjalankan operasi bisnis mereka, untuk melunasi kewajiban utang mereka, untuk menginvestasikan kembali dalam bisnis, untuk menghargai pemegang saham, gaji karyawan, dan sebagainya.

Kesimpulan saya

Sekarang setelah jelas apa itu kas dan setara kas dan apa artinya, mari kita pahami arti dari istilah-istilah ini. Ini adalah metrik yang sangat penting karena membentuk sebagian besar rencana operasi perusahaan. Lebih mudah bagi perusahaan dengan kas dan setara kas yang lebih tinggi di neraca untuk melewati masa-masa sulit daripada perusahaan yang kekurangan uang.

Perusahaan juga tidak boleh duduk ideal dengan uang dan menggunakan berbagai contoh dan instrumen kas dan setara kas dengan cara terbaik untuk menjaga perusahaan tetap bertahan.

Memegang banyak uang tunai di tangan setiap saat juga berarti bahwa perusahaan kehilangan biaya peluang yang tinggi. Biaya pengembalian yang bisa diperoleh dengan menginvestasikan uang dalam ekuitas dan instrumen terkait pasar lainnya.

Meskipun menganalisis kas dan setara kas merupakan metrik penting, selalu lebih baik untuk memahami kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan dan melihat semua metrik dalam hubungannya dengan yang lain.

Tinggalkan komentar