Tata Cara Sholat Jenazah: Doa Dan Niat Shalat Mayit

SHOLAT JENAZAH adalah ajaran Islam dimana umat Islam wajib menyolatkan setiap jenazah Muslim baik itu lelaki maupun perempuan. Disni terdapat panduan melaksanakan Sholat Jenazah dari Takbir hingga Salam.

WAKTUJAKARTA.COM — Tata cara sholat Jenazah untuk jenazah pria dan wanita beserta syarat, rukun dan niat Sholat Jenazah.

Berikut adalah tata cara Sholat Jenazah guna membantu seluruh umat Islam yang kemungkinan tengah butuh panduan untuk melaksanakannya, guna membantu siapapun atau dirinya melaksanakan shalat Jenazah karena ditinggal salah satu anggota keluarganya. Insya Allah bermanfaat.

Menurut kesepakatan para ulama bahwa hukum shalat Jenazah adalah fardhu Kifayah itu artinya wajib dikerjakan secara berjamaah, bukan hanya sendiri kecuali ada hal yang menghalanginya.

Melaksanakan shalat Jenazah adalah wajib, jika tidak dilaksanakan maka dosa akan ditimpakan kepada umat Islam secara umum.

Kewajiban shalat Jenazah tunai apabila telah dilaksanakan, dan akan membebaskan yang lain dari dosa.

Dalam sebuah al-Hadits Nabi besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wasallam menyatakan:

“Ketika ada seorang laki-laki meninggal dalam berhutang disampaikan kepada Rasulullah, maka beliau bertanya apakah ia meninggalkan harta untuk membayar hutangnya. Jika dikatakan ia meninggalkan hartanya untuk membayar hutang, maka beliau akan menshalatkannya. Jika tidak, maka beliau akan memerintahkan kepada kaum muslimin, “shalatkanlah temanmu ini.”

Baca juga tata cara sholat Dhuha.

Syarat syah shalat jenazah adalah

  1. Suci dari najis pula hadats.
  2. Wudhu.
  3. Aurat tertutup.
  4. Menghadap Kiblat.

Rukun Sholat Jenazah

Pelaksanaan Shalat Jenazah terikat pada sejumlah rukun yang wajib dipenuhi, apabila tidak maka dianggap batal.

Berikut ini adalah rukun dari shalat Jenazah yang perlu dilakukan adalah.

  1. Melakukan Niat shalat.
  2. Apabila mampu, maka berdiri saat melakukan shalat.
  3. Takbir sebanyak 4 kali.
  4. Mengangkat tangan pada saat takbir pertama.
  5. Membaca surat al-Fatihah.
  6. Membaca shalawat atas Nabi SAW sesudah takbir yang kedua.
  7. Berdoa untuk mayit / jenazah.
  8. Salam.

Tata Cara Sholat Jenazah

Setelah mengetahui rukun shalat Jenazah berikut adalah tata cara yang dilakukan saat melaksanakan sholat Jenazah, yakni:

1. Posisi berdiri Imam

  • Posisi berdiri Imam untuk shalat jenazah pria.
Posisi Imam Untuk Shalat Jenazah Pria.png
  • Posisi berdiri Imam untuk shalat jenazah wanita
Posisi Imam Untuk Shalat Jenazah Wanita

Adapun mengenai posisi Imam berdiri ini berdasarkan sebuah al-Hadits Sahabat berikut ini:

“Bahwa ia,yakni Anas, menyalatkan jenazah laki-laki, maka ia berdiri dekat kepalanya. Setelah jenazah itu diangkat, lalu di bawa jenazah wanita, maka dishalatkannya pula dengan berdiri dekat pinggangnya. Lalu ditanyakan orang kepadanya: “beginikah cara Rasulullah SAW, menyalatkan jenazah, yaitu bila laki-laki berdiri di tempat seperti anda berdiri itu? Dan wanita juga seperti yang anda lakukan?” “benar” ujar Anas.” [Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah juga oleh Turmudzi yang menyatakannya sebagai hadits hasan].

2. Membaca Niat Sholat Jenazah

Membaca niat merupakan bagian dari rukun shalat Jenazah dan berikut adalah niat yang dibacakan saat memulai melaksanakan sholat Jenazah, yakni:

Tinggalkan komentar