Tuntunan Shalat Idul Fitri Dan Idul Adha Sesuai Sunnah Nabi

WAKTUJAKARTA.COM — Idul Fitri dan Idul Adha merupakan kedua hari raya umat Islam yang selalu hadir setiap tahun, dimana Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah Ramadhan berakhir, sedangkan Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah yaitu hari raya kurban.

Dan disetiap hari raya tersebut kita disunnahkan melakukan Shalat Ied, dan derajatnya adalah Shalat Sunnah Muakkadah yakni Sunnah yang amat dianjurkan sekali dikarenakan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam tidak pernah meninggalkan Shalat ini selama hidupnya.

Dan di artikel ini saya akan mengajak anda untuk mempelajari Sunnah apa saja yang dilakukan oleh Nabi dan para Sahabatnya saat sebelum melaksanakan Shalat Ied hingga selesai melaksanakannya.

Insya Allah artikel ini bermanfaat apalagi kedatangan Ied tinggal menghitung hari saja, sudah sewajarnya kita sebagai umat Islam mengetahui apakah yang Nabi dan para Sahabatnya lakukan di hari Raya. Silahkan dipelajari keseluruhan artikel tuntunan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha sesuai Sunnah Nabi yang Insya Allah dapat memberikan manfaat dan petunjuk bagi kita semua yang selalu mencarinya Aaamiiin Allahumma Aaamiiin.

Tuntunan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha sesuai Sunnah Nabi

Metode Sunnah dan mengenai Shalat Idul Fitri dan Idul Adha

Berikut adalah apa saja yang nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam lakukan di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

1. Disunnahkan untuk mandi

Di Dianjurkan untuk mandi, memakai parfum dan memakai pakaian terbaik saat ingin melaksanakan Shalat Ied.

 

وعن الحسن السبط، قال: أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم في العيدين، أن نلبس أجود ما نجد، وأن نتطيب بأجود ما نجد، وأن نضحي بأثمن ما نجد

Artinya:

Al-Hassan as-Sibt meriwayatkan: “Rasulullah (Sallallahu Alaihi Wa Sallam) memerintahkan kami untuk mengenakan pakaian terbaik yang dapat kita temui untuk dua Idul dan juga memakai wangi-wangian yang dapat kita temui dan mengorbankan binatang terbaik yang kita dapat temui.” [Hakim]

2 Disunnahkan untuk makan sebelum Shalat Idul Fitri (Akhir Ramadhan) namun tidak disunnahkan pada Shalat Idul Adha (Yaitu hari raya idul kurban).

Saat idul fitri disunahkan memakan beberapa kurma sebelum melaksanakn Shalat Idul Fitri namun tidak untuk Shalat Idul Adha, dianjurkan menunda untuk makan hingga pulang dari Shalat Idul Adha dan dirinya boleh makan apa yang ia kurbankan jikalau ia berkurban hewan pada hari raya Adha.

حدثنا ‏ ‏محمد بن عبد الرحيم ‏ ‏حدثنا ‏ ‏سعيد بن سليمان ‏ ‏قال حدثنا ‏ ‏هشيم ‏ ‏قال أخبرنا ‏ ‏عبيد الله بن أبي بكر بن أنس ‏ ‏عن ‏ ‏أنس بن مالك ‏ ‏قال ‏

‏كان رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏لا يغدو يوم الفطر حتى يأكل تمرات ‏

‏وقال ‏ ‏مرجأ بن رجاء ‏ ‏حدثني ‏ ‏عبيد الله ‏ ‏قال حدثني ‏ ‏أنس ‏ ‏عن النبي ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏ويأكلهن وترا ‏

Artinya:

Tinggalkan komentar